Report Text Dengan Contoh Dan Soal


Selamat datang kembali di sekolah dan kamu akan mendapat tugas belajar, beberapa mata pelajaran menunggu untuk dipelajari bersama dengan gurumu terutama bahasa Inggris. Sangat menyenangkan dan menantang untuk mempelajari teks dalam bahasa Inggris dengan topik Report Text, melalui contoh dan soal yang dilengkapi dengan jawabannya.

Jika dilihat dari kurikulum 2013, mata pelajaran yang diajarkan khususnya mata pelajaran Bahasa Inggris mengalami sedikit perubahan dalam alokasi waktu bahan ajar. Pada kurikulum KTSP, materi pembelajaran teks bahasa Inggris mendapat alokasi waktu yang cukup banyak. Materi pembelajaran teks bahasa Inggris secara umum membahas lebih lanjut tentang pengertian dan struktur teks bahasa Inggris.

Sedangkan pada kurikulum 2013, materi pembelajaran teks bahasa Inggris sangat beragam dan lebih detil, untuk itu kalian para siswa diharapkan dapat mempelajari teks secara mudah dengan berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang dipelajari.

Belajar Bahasa Inggris Report Text

Selain narrative serta recount, report text merupakan salah satu jenis teks bahasa inggris yang perlu Anda pelajari. Materi-materi mengenai teks bahasa inggris tersebut biasanya meliputi pengertian report text, ciri-ciri, struktur report text serta language featurenya. Pada artikel sebelumnya, penulis telah belajar membahas mengenai narrative dan recount text.

Sangat menyenangkan dan menantang untuk meluangkan waktu membaca dan mempelajari teks dalam bahasa Inggris yaitu Teks Laporan atau Report Text, melalui pengertian, struktur dan contoh soal teks yang dilengkapi dengan jawaban. Nah, artikel satu ini penulis akan membahas report text dengan contoh teks serta contoh soal agar Anda dapat memahami materi satu ini. Seperti biasa, mari mulai dari pengertian atau definisi report text.

Pengertian Report Text

Banyak sekali sumber belajar baik buku pedoman sekolah maupun referensi pembelajaran online yang membahas tentang pengertian dan definisi teks laporan dalam bahasa inggris. Jenis teks informasi faktual ini agak disamakan dengan esai deskriptif. Meski begitu, kita tidak boleh membingungkan mereka.

Report text biasanya disamakan dengan descriptive text, karena kedua jenis teks tersebut menginformasikan atau mendeskripsikan mengenai suatu hal. Namun kedua teks ini berbeda, untuk dapat membedakan kedua report text dan descriptive text, Anda perlu mengetahui pengertian report text terlebih dahulu.

Report text merupakan salah satu jenis teks yang dalam bahasa inggris yang menjelaskan mengenai detail dari suatu objek. Penjelasan yang ada dalam report text merupakan hasil pengamatan, penelitian, observasi maupun studi mengenai berbagai macam hal.

Makna teks laporan / report text bagi sebagian siswa yang sedang belajar bahasa Inggris terkadang sedikit membingungkan dengan pengertian teks deskriptif. Hal ini dapat dimaklumi mengingat kedua jenis teks bahasa Inggris tersebut bertujuan untuk mendeskripsikan, menginformasikan atau menjelaskan keadaan suatu atau sekelompok hal. Report text memiliki tujuan untuk menggambarkan objek dengan apa adanya sesuai dengan hasil pengamatan penulis.

Meski terdapat persamaan, namun bagi yang sedang belajar bahasa Inggris akan lebih mudah membedakan antara teks laporan dan teks deskriptif. Lalu apa sebenarnya pengertian Report Text itu. Terkadang kita agak malas membaca tulisan eksplanatori atau pengertian seperti ini dan ingin segera mengetahui seperti apa teks report type itu. Sebelum melihat contoh teks laporan, alangkah baiknya jika kalian membaca kembali apa itu teori definisi singkat teks laporan.

Penjelasan atau pengertian report text yang biasa kita jumpai pada tulisan-tulisan yang membahas tentang genre atau jenis teks bahasa Inggris. Dari definisi / pengertian diatas kita dapat menggarisbawahi poin pertama bahwa teks laporan bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu hal. Informasi tentang sesuatu yang tidak dapat ditambah atau dikurangi tetapi harus apa adanya.

Poin kedua, informasi tentang sesuatu merupakan hasil analisis dan pengamatan yang sistematis. Itu sebabnya kita terkadang membaca laporan teks, yang juga dikenal sebagai laporan informasional. Poin ketiga memberi kita petunjuk tentang apa sebenarnya pengertian dari teks laporan dan bagaimana membedakan teks laporan dengan teks deskriptif, yaitu dengan penjelasan atau informasi sebagaimana adanya dan sebagai hasil “pengamatan dan analisis”.

Generic Structure of Report Text

Kayaknya kita hampir bosan ya dengan istilah generic structure. Ketika belajar bahasa Inggris berbasis teks kita pasti menemui 13 genres ditambah penjelasan generic structure dari masim-masin genres tersebut. Apa penjelasan dan pengertian dari generic structure report text itu? Secara sederhana hal ini merujuk kepada bagaimana masing masing jenis teks itu ditulis dan disusun untuk memenuhi keinginan penulis dalam menyampaikan suatu infomasi kepada pembacanya.

Secara lebih sempit lagi generic structure adalah bagaimana paragraf-paragraf itu diatur dan disusun menjadi satu kesatuan teks yang utuh dan mempuanyi makna sepeti yang diinginkan oleh penulis. Ok, kalau begitu apa generic strcture dari report text?.

Penjelasan yang umum struktur teks laporan / report text adalah sebagai berikut:
1. General classification
Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc. which will be discussed in general. Struktur pertama merupakan bagian pertama yang berisi mengenai beragam informasi umum berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh penulis, hasil pengamatan tersebut dapat berupa hewan, fenomena alam, tumbuhan dan topik-topik lain secara detail.
2. Description:
Describing the thing which will be discussed in detail; part per part, customs or deed for living creature and usage for materials. Struktur kedua dari report text berada di paragraf dua serta memiliki fungsi yang sama dengan descriptive text yaitu untuk mendeskripsikan lebih dalam mengenai detail dari hasil penelitian penulis secara terperinci.

Beberapa point yang kita dapatkan dari generic structure dan model susunan paragraf seperti diatas, bisa untuk membedakan dengan jenis teks bahasa inggris yang lain, terutama descriptive text. Tentu point pertama adalah istilah general classification yang menunjukkan bahwa sebuah report text itu ditulis untuk memberikan informasi tentang hal-hal yang umum, sebuah klasifikasi sesuatu, group, kelompok, species. Sebuah report text bahasa Inggris tidak ditulis untuk memberikan informasi tentang sesuatu yang khusus, tertentu, dan specific.

Poin kedua, sebuah report text ditulis guna memberikan informasi tentang sesuatu, dan sesuatu itu boleh makhluk hidup atau benda mati. Ini perlu diketahui dan dibedakan mengingat dalam memberikan informasi atau penggambaranya untuk objek benda hidup dan benda mati sedikit berbeda.

Dari penjelasan generic structure of report text diatas jelas dinyatakan bahwa penggambaran atau infomasi untuk benda hidup meliputi bagian-bagian benda hidup itu dan diteruskan dengan penggambaran tentang kebiasan (customs) atau kelakuan (deed) dari benda hidup yang dijadikan objek report text tersebut.

Lalu bagaimana penggambaran report text bahasa Inggris tentang benda mati? Pada generic structure diatas juga dijelaskan bahwa penggambaran detil untuk objek benda mati adalah yang pertama berkenaan juga dengan bagian-bagian (parts) dari beda tersebut, yang kedua diteruskan dengan fungsi, kegunaan, manfaat (usage) dari benda tersebut.

Unsur Kebahasaan / Language Feature Report Text

Selain generic structure, report memiliki unsur kebahasaan atau language feature yang perlu kalian ketahui. Berikut beberapa language features yang perlu diketahui adalah:
1. General nouns, menggunakan kata yang merujuk pada suatu hal secara umum. Contohnya dog, lion, atau penyebutan hewan lain secara umum tidak spesifik seperti my dog dan lain sebagainya.
2. Relating verbs atau linking verbs, contohnya is, am, are, look, seem, taste dan lain sebagainya.
3. Timeless present tense, menggunakan penanda waktu simple present tense. Contohnya usually, often, always dan lain sebagainya.
4. Technical terms, menggunakan istilah yang berkaitan dengan topik atau pembahasan report text. Contohnya apabila kalian membuat report text mengenai hewan, maka dalam report text tersebut haruslah ada istilah atau penyebutan mengenai hewan.
5. Introducing group or general aspect, menggunakan bahasa yang memperkenalkan bahasan atau obyek penelitian secara umum.

Ciri-Ciri Report Text

Report text memiliki sembilan ciri-ciri yang perlu kalian ketahui, agar dapat membedakan report text dengan descriptive text. Berikut ciri-ciri report text yang telah penulis rangkum adalah:
1. Report text berisi mengenai fakta-fakta ilmiah.
2. Judul report text terlihat umum (dapat dikenali oleh pembaca yang tidak memiliki kompetensi pada keilmuan topik report text tersebut).
3. Biasanya diserta gambar serta data statistic untuk membuktikan hasil dari pengamatan penulis.
4. Kalimat report text menggunakan pola kalimat simple present tense.
5. Report text menggunakan kata benda umum seperti pada language feature general nouns.
6. Menggunakan kata kerja yang saling berhubungan, sesuai dengan language featurenya yaitu linking verbs atau relative verbs.
7. Report text terdiri dari suatu objek dan ditambah dengan objek lain.
8. Report text menjelaskan mengenai berbagai macam kelompok dan bukan individu secara khusus.
9. Report text menggunakan conditional logical conjunction, contohnya so, when dan lain sebagainya.

Contoh Report Text

Skin
Skin is the outer layer of the body. In human beings, it is the most important and largest organ of the system that covers our body. Our skin has a function to protect the human body from infection, also maintain fluid balance, extreme temperatures, and synthesize vitamin D for personal needs also have a function to shield physical structure.
Skin has three main layers, which arp"*e Epidermis or Stratum, Dermis, and Hypodermis or skin layer that have their individual tasks and need each other. The stratum layer is the outer layer of the skin. This layer doesn’t contain blood vessels, and is made from Merkel cells, keratinocytes, with melanocytes and Langerhans cells. Beneath the stratum layer, there is Dermis or corium layer. This layer contains hair follicles, sweat glands, fat glands, apocrine glands, body fluid vessels and blood vessels. This layer is connected to the cuticle layer with the basement membrane. Structurally, this layer is split into 2 regions, that the region next to the cuticle referred to as the process region, and also the thick inner region that’s called the crisscrossed region. What is more, there’s layer layer that situated below the derma layer. This layer is thought as hypodermic tissue. Layer serves to connect the skin to the underlying bone and muscle and provide them with blood vessels and nerves. The mixture of those 3 main layers has a mean thickness of 1 mm.

Komodo Dragon
Komodo dragon is the largest lizard on earth. It lives within the scrub and land of some Indonesian islands?. Komodo dragon is the world’s heaviest lizard, advising one hundred fifty pounds or a lot of. The most important Komodo ever measured was quite ten feet (3 meters) long and weighed 366 pounds (166 kg) however, the common size of Komodo within the wild is about eight feet (2.5 meters) long and two hundred pounds or 91 kg.
Komodo has gray scale skin, a pointed snout, powerful limbs, and a muscular tail. They use their keen sense of smell to find decaying an animal remains from many miles away. They additionally hunt different lizards yet as massive mammals and generally barbarian. The Komodo dragon’s teeth are nearly utterly coated by its gums. Once it feeds, the gums bleed, making a perfect culture for virulent microorganism. The microorganism that boards the Komodo dragon’s spit causes blood disease, or septicemia, in its victims. A dragon can bite its prey, then follow it till the animal is simply too weak to hold on. This lizard species is vulnerable by looking, loss of prey species, and surrounding loss.

Itulah dua contoh teks singkat report text mengenai skin atau kulit serta komodo. Dari dua contoh report text tersebut, apakah Anda dapat menemukan ciri-ciri serta language featurenya? Kedua teks tersebut mendeskripsikan mengenai hal umum yaitu mengenai kulit, serta hewan.

Pada kedua teks tersebut dapat Anda Baca bahwa keduanya memiliki linking verb yang berkaitan atau berhubungan dengan topik dari report text. Kedua menggunakan pola kalimat simple present tense, serta menggunakan istilah-istilah yang berhubungan dengan topik pembahasan pada report text.

Keduanya merupakan tulisan ilmiah serta fakta yang didasarkan dari pengamatan penulis. Dari penjabaran tersebut, kedua teks tersebut merupakan contoh report text yang baik. jika Anda masih belum paham, berikut penulis rangkum contoh soal serta jawaban agar dapat mengasah pengetahuan kalian mengenai materi report text.

Contoh Soal Report Text

Text 1
Platypus is a semi aquatic mammal from East to North Australia including Tazmania. Platypus is one of species of mono dream and the five extreme species. Platypus is also the one and only mammal that lays eggs instead of giving birth. They lay eggs instead of giving birth because it can make them live young. Platypus have a flat body and tail and are all covered with dense brown fur to keep them warm. They have webbed feet and large robbery nets. They use their tail for story joy. Platypus are species that are close to ducks and they are mammals. Their weights are varieties around 0.7 to 2.4 kg and males are larger than females. Male total length averages to 50 cm while the female major approximately 45 cm. Platypus has an average temperature of 32 degrees Celsius and typical of the placental mammals.

Question:
1. What is the topic of text 1?
A. Platypus
B. Octopus
C. Hippopotamus
D. Tazmania
E. Mouse

2. How much does platypus weight?
A. 0.7 to 3.0 kg
B. 0.7 to 2.6 kg
C. 0.7 to 2.4 kg
D. 0.7 to 3.2 kg
E. 0.7 to 2.7 kg

3. What makes platypus stay warm?
A. Their fur
B.They have flat body
C. They weigh until 2.4 kg
D. They are in the water
E. They can swim

4. How long is the male platypus?
A. 45 cm
B. 50 cm
C. 55 cm
D. 49 cm
E. 51 cm

5. How long is the female platypus?
A. 45 cm
B. 55 cm
C. 50 cm
D. 44 cm
E. 40 cm

6. What kind of text above?
A. Narrative text
B. Descriptive text
C. Report text
D. Explanation text
E. Recount text

7. What species is the platypus?
A. Mammal
B. Placental mammal
C. Platypus
D. Reptile
E. Male animal

8. Where does the platypus come from?
A. America
B. Australia
C. Indonesia
D. Asia
E. Pacific

9. What color is the platypus fur?
A. Dense brown
B. Dense mocca
C. Greyish
D. Blue
E. Silver

10. What do the platypus feet look like?
A. Like a duck
B. A little bit round
C. Webbed feet 
D. Straight
E. Round circle

Text 2
Snakes are reptiles or cold-blooded creatures. They belong to the same group as lizards (the scaled group, Squamata) but from a subgroup of their own (Serpentes).
Actually snakes have two legs but a long time ago they had claws to help them slither along. Snakes are not slimy. Snakes are covered in scales which are just bumps on skin.
Their skin is tough however it’s shiny and it’s used to make them reduce friction as the snake slithers on the ground. Snakes usually sun bathe on rocks within the heat weather. This is because snakes are cold-blooded; they have to sunbathe because they need sun’s heat to heat their bodies up.
Most snakes live in the country. Some varieties of snakes sleep in trees, some sleep in water, however most survive in the bottom in deserted rabbit holes, in thick, long grass and in recent logs.
A snake’s food sometimes consists of frogs, lizards, and mice and different snakes. The Eunectes murinus will eat little crocodiles and even bears. Several snakes defend themselves with their fangs. Some snakes are protected by scaring their enemies away just like the elapid snake. The flying snakes glide far away from danger. Their ribs unfold apart and also the skin stretches out. Its technique is simply just like the sugar gliders.

Question:
1. Snakes are cold blooded, that’s why they need ,,,,
A. Avoid sun to protect their shiny skin.
B. Live in a rabbit hole to avoid sunbathing.
C. They like to sun bathe to make them stay warm.
D. Snakes defend themselves with their fangs.
E. The snakes are protected by scaring their enemies away.

2. What you know from text 2 about snake fact?
A. They use their claws to slither along the ground.
B. They legs and feet.
C. They don’t like sunlight.
D. They sleep in water
E. They live in the country.

3. How snakes defend themselves?
A. They defend themselves by hissing.
B. They defend themselves by using their fangs.
C. They protect themselves by eating frod or other varieties of snake.
D. The flying snakes glide far away from danger.
E. The snake slithers on the ground.

4. What do snakes eat?
A. Frog, cow, mice.
B. Lizzard, other kind of snake, frog.
C. Other kind of snake, frog, bird.
D. Rabbit, frog, worm
E. Snake, bird, frog

5. What Eunectes murinus food?
A. Cow, buffalo.
B. Bird, frog.
C. Little crocodile and bears.
D. Mouse, Worm
E. Monkey

6. Where usually snakes live or sleep?
A. Rabbit hole, tree, water
B. Field, trees, cave
C. Rabbit hole, cave, water
D. Land, water, cave
E. Ground, land, water

7. Based on the text above, what kind of animal snakes are?
A. Poultry
B. Reptiles
C. Mammals
D. Carnivore
E. Avian

8. Based on text 2 what you know about snake skin?
A. It’s slimmy and shiny
B. It’s tough and slimmy
C. It’s shiny and tough 
D. The skin stretches out
E. It's like the sugar gliders.

9. How do flying snakes defend themselves?
A. They Glide far away from danger
B. They defend themselves by hissing.
C. They protect themselves by eating frog or other varieties of snake.
D. They survive in the bottom of rabbit holes.
E. They sleep in water.

10. How do snakes fly without wings?
A. They borrow bird wings.
B. They run fast and make them fly.
C. Their ribs unfold apart and also the skin stretches out. Like sugar gliders. 
D. They defend themselves by hissing.
E. They live in the country.

Nah sampai sini sudah cukup terang benderang kan apa pengertian report text itu dan apa perbedaanya dengan jenis teks bahasa Inggris yang lain, terutama descriptive text. Diatas telah dijelaskan untuk lebih mematangkan penjelasan report text ini, kita masuk sekalian ke ciri-ciri bahasanya.

Dalam belajar bahasa Inggris, grammar menjadi hal yang tidak bisa diabaikan. Meskipun tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa grammar tidak lebih penting dari pada kemampuan speaking, menguasai grammar tetaplah penting. Sebab, komunikasi tidak selalu dilakukan secara lisan.

Pembahasan yang simpel di dalam buku ini membuat kalian dapat mempelajari grammar dengan mudah. Bagaimana menyusun kalimat, memilih kata yang tepat, mengubah bentuk kata kerja sesuai tense, kata benda sesuai jumlahnya, dan lain-lain, semua bisa dipelajari lewat buku ini. Di dalamnya, grammar dijelaskan secara detail dengan bahasa yang mudah dipahami. Penyajiannya disertai contoh, table, dan latihan, sehingga kalian tidak terkesan rumit dan sulit.

Belajar Grammar English akan dapat membantu kalian karena buku ini menawarkan sebuah penjelasan yang jelas untuk bahasa inggris tingkat tinggi saat ini. Aturan-aturan dijelaskan dengan berbagai contoh dalam bahasa inggris, lengkap dengan transliterasi dan terjemahan bahasa indonesia.

Jenis soal mengenai teks bahasa inggris biasanya berupa contoh teks serta soal dan jawabannya berdasarkan teks tersebut. Untuk dapat mengerjakan latihan-latihan soal seperti recount, narrative beserta report text kalian perlu menambah kosa kata atau verb bahasa Inggris, agar kalian dapat memahami isi teks dengan mudah.

Apabila Anda tidak memahami isi teks, maka Anda akan kesulitan untuk menentukan jawabannya walaupun jawaban dari soal tersebut berada di teks yang tertera. Biasanya selain mencakup pertanyaan di atas, beberapa soal mengenai report text akan membahas mengenai generic structure yang ada pada contoh teks tersebut.

Anda perlu memahami generic structure, ciri-ciri, unsur kebahasaan dari report text untuk menjawab soal serupa. Oleh karena itu, Anda perlu banyak membaca teks berbahasa inggris agar dapat menambah kosa kata bahasa inggris Anda serta mengerjakan latihan soal. Melalui artikel mengenai pengertian, ciri-ciri, struktur atau generic structure serta unsur kebahasaan dari report text ini, Anda dapat menambah wawasan serta memperdalam pengetahuan Anda mengenai report text.

Contoh Soal Explanation Text

Teks explanation itu sebenarnya satu type dengan procedure text. Karena masih satu genre, maka soal yang muncul juga akan memiliki kesamaan. Tentu saja jenis soal akan berbeda antar teks dipengarui oleh tujuan, dan struktur ditulisnya masing-masing teks. Hanya saja karena kedua teks essay bahasa Inggris bertujuan untuk menjelaskan langkah dan fase terjadinya dan terbentuknya sesuatu, maka pertanyaan tentang pemahaman membaca / reading comprehension masih terdapat kemiripan.

Hampir semua contoh explanataion text itu bertujuan untuk menjelaskan kenapa atau bagaimana terjadinya sesuatu. Dalam penyajiannya, teks explanation cenderung ditulis dengan pernyataan-pernyataan kalimat positif. Berbeda dengan teks procedure yang juga bertujuan untuk menjelaskan proses melakukan sesiatu, tetapi disampaikan dengan kalimat kalimat imperative.

Meski secara tujuan kebahasan keduanya ada kesamaan, tetapi objek yang dijelaskan biasanya berbeda. Kalau contoh teks explanation itu biasanay menjelasakan objek dan gejala alam sedangakan tels procedure biasanya menunjukkan tata cara melakukan dan mengerjakan benda buatan.

Jenis Soal Teks Explanation

Setelah membaca teks tertentu, pembaca kemudian disajikan beberapa pertanyaan bedasarkan bacaan diatasnya. Pertanyaan seperti ini dikenal dengan soal reading coprehension. Tentu akan ada banyak sekali variasi dan macam-macam pertanyaan bacaan bahasa Inggris, akan tetapi kalau disederhanakan, soal soal itu sebenarnya pengembangan dari beberapa hal seperti dibawah ini yaitu:
1. Soal tujuan bacaan
2. Soal ide pokok
3. Soal informasi detil
4. Soal makna kata
5. Soal rujukan kata

Dari lima ketegori soal diatas dikembangkan menjadi sekitan puluh pertanyaan berdasakan bacaan yang diberikan. Beberapa model soal yang sering muncul setelah membaca teks expalantion adalah:
1. What is the purpose of the text?
2. What is the text about?
3. What media which is used by kite to fly?
4. The phrase “made up” means ….
5. “ it” at the first line of paraghraph two refers to….

Pemahaman pertanyaan semacam ini akan lebih cepat kalau kita sudah memahami kerangka dasar jenis teks bahasa Inggris yang palaing awal diajarkan di bangku-banku sekolah. Hal dasar itu meliputi social function, generic structure, dan language feature. Kesemua itu bisa dipahami pada what is explanation text? Dengan pemahaman dasar ini, menjawab soal-soal reading comprehension akan terasa lebih mudah.

Soal-soal Expalanation Text

Berikut ini disajikan brbagai macam contoh teks explanation bahasa Inggris tentang berbagai topik. Ada beberapa teks yang cukup mudah dan ada yang kegori sangat sulit.

Teks Explanation 1
Recycling is a collection, processing, and reuse of materials that would otherwise be thrown away. Materials ranging from precious metals to broken glass, from old newspapers to plastic spoons, can be recycled. The recycling process reclaims the original material and uses it in new products.
In general, using recycled materials to make new products costs less and requires less energy than using new materials. Recycling can also reduce pollution, either by reducing the demand for high-pollution alternatives or by minimizing the amount of pollution produced during the manufacturing process.
Paper products that can be recycled include cardboard containers, wrapping paper, and office paper. The most commonly recycled paper product is newsprint. In newspaper recycling, old newspapers are collected and searched for contaminants such as plastic bags and aluminum foil. The paper goes to a processing plant where it is mixed with hot water and turned into pulp in a machine that works much like a big kitchen blender. The pulp is screened and filtered to remove smaller contaminants. The pulp then goes to a large vat where the ink separates from the paper fibers and fl oats to the surface. The ink is skimmed off, dried and reused as ink or burned as boiler fuel. The cleaned pulp is mixed with new wood fibers to be made into paper again.
Experts estimate the average office worker generates about 5 kg of wastepaper per month. Every ton of paper that is recycled saves about 1.4 cu m (about 50 cu ft) of landfill space. One ton of recycled paper saves 17 pulpwood trees (trees used to produce paper).

Question:
1. The following items can be recycled, EXCEPT….
A. Precious metals
B. Broken glass
C. Old newspapers
D. Plastic spoon
E. Fresh vegetables and fruits

2. Which of the following is NOT a benefit of recycling?
A. It costs a lot of money for the recycling process
B. The cost of making new products is cheaper
C. Requires less energy
D. Can reduce pollution
E. Reduce demand for highly polluting alternatives

3. What is the third step in recycling paper products?
A. Collect and search for contaminants such as plastic bags and aluminum foil
B. Mix the paper with hot water in a blender until it becomes paper pulp
C. Strain and filter the dregs to remove smaller contaminants
D. Put the pulp into a large vat to separate the ink from the paper fibers
E. Mix the pulp with new wood fiber to make paper again

4. We can use the ink that has been separated from the paper fibers in the following ways, EXCEPT...
A. Just delete it
B. Dry
C. Reused as ink
D. Burns as boiler fuel
E. Mix with the dregs

Teks Explanation 2
The human body consists of countless millions of cells. Food is needed to build new cells and replace damaged cells. However, the food we consume must be converted into substances that can be carried through the blood to places where they are needed. This process is called digestion.
The first digestive process occurs in the mouth. The food we eat is broken down into small pieces by the action of the teeth, mixed with saliva, a fluid secreted by glands in the mouth. Saliva contains digestive juices that moisten food so it is easy to swallow.
From the mouth, food passes through the esophagus (food pipe) to the stomach. Here, food is mixed with fluids secreted by cells in the stomach over several hours. Then the food enters the small intestine. Throughout time, the muscular walls of the intestines compress, mix, and move food.
Within a few hours, the food turns sour. It is immediately absorbed by the villi (microscopic branching projections of the intestinal wall) and passed into the bloodstream.

Question:
5. What is the text about?
A. Digestive system
B. Digestive fluids
C. How the digestive system works
D. The working process of the intestines
E. Food substances

6. How do we swallow food easily?
A. Food turns into acid which is absorbed by the villi.
B. Food must be digested first through processing.
C. Food is swallowed directly through the esophagus into the stomach.
D. Food is mixed with fluids secreted by cells in the stomach.
E. The food we consume must be converted into substances that are carried in the blood to various places.

7. From the text above, we imply that….
A. A good digestive process will help our bodies become healthier.
B. No one cares about the process of the digestive system for the sake of their health.
C. The digestive system is needed if we consume food instantly.
D. Every body must carry out its digestive system properly.
E. The better we digest the food we eat, the healthier we will be.

8. “The human body is made up of countless millions of cells.” (Paragraph 1) What is meant by “made up” is….
A. produced
B. managed
C. regulated
D. finished
E. built

Teks Explanation 3
Have you ever wondered how people get chocolate from? In this article we’ll enter the amazing world of chocolate so you can understand exactly what you’re eating.
Chocolate starts with a tree called the cacao tree. This tree grows in equatorial regions, especially in places such as South America, Africa, and Indonesia. The cacao tree produces a fruit about the size of a small pine apple. Inside the fruit are the tree’s seeds, also known as cocoa beans.
The beans are fermented for about a week, dried in the sun and then shipped to the chocolate maker. The chocolate maker starts by roasting the beans to bring out the flavour. Different beans from different places have different qualities and flavor, so they are often sorted and blended to produce a distinctive mix. Next, the roasted beans are winnowed. Winnowing removes the meat nib of the cacao bean from its shell. Then, the nibs are blended. The blended nibs are ground to make it a liquid. The liquid is called chocolate liquor. It tastes bitter. All seeds contain some amount of fat, and cacao beans are not different. However, cacao beans are half fat, which is why the ground nibs form liquid. It’s pure bitter chocolate.

Question:
9. The text is about…
A. cocoa tree
B. cocoa beans
C. raw chocolate
D. chocolate making
E. chocolate flavor

10. The third paragraph focuses on…
A. the process of making chocolate
B. how to produce cocoa flavor
C. where chocolate comes from
D. chocolate liquor
E. cocoa pods

11. "..., so it is often sorted and mixed to produce..." (Paragraph 3.) The word "sorted" has a meaning that is close to...
A. arranged
B. combined
C. split up
D. distributed
E. organized

12. How did a chocolatier start making chocolate?
A. By fermenting coffee beans.
B. By roasting coffee beans
C. By blending the beans.
D. By sorting the coffee beans.
E. By drying the coffee beans

Explanation Text 4
What is photosynthesis? Photosynthesis is the process of making food that occurs in green plants. This is the main function of leaves. The word photosynthesis means combining with light. Green plants use energy from light to combine carbon dioxide and water to make sugar and other chemical compounds.How is light used in photosynthesis?
The light used in photosynthesis is absorbed by a green pigment called chlorophyll. Each food-making cell in a plant leaf contains chlorophyll in small bodies called chloroplasts. In chloroplasts, light energy causes water taken from the soil to split into hydrogen and oxygen.
What are the steps in the photosynthesis process? Let me tell you the process of photosynthesis, in a series of complicated steps, hydrogen combines with carbon dioxide from the air, forming simple sugars. Oxygen from water molecules is released in the process. From sugars along with nitrogen, sulfur, and phosphorus from soil, green plants can make starch, fats, proteins, vitamins, and other complex compounds that are essential for life. Photosynthesis provides the chemical energy needed to produce these compounds.

Question:
13. What stage after hydrogen combines with carbon dioxide from the air...
A. Photosynthesis provides the chemical energy needed to produce these compounds.
B. Water taken from the ground splits into hydrogen and oxygen.
C. The process of making food that occurs in green plants.
D. Phosphorus from green soil plants can make starch, fat, protein, vitamins and other complex compounds that are important for life.
E. Oxygen from water molecules is released in the process.

14. What is meant by the need for photosynthesis...
A. Water, light, oxygen, worms
B. Soil, chlorophyll, sun, humans
C. Insects, air, oxygen, food
D. Light, Carbon dioxide, humus
E. Wax, vitamins, hydrogen

15. What are the results of photosynthesis...
A. Sugar
B. Food and O2
Scratch
D. Food
E. Branch

16. What text…
A. Narrative text
B. Hortatory Text
C. Discussion text
D. Explanation text
E. Descriptive text

Teks Explanation 5
Biodiesel is a clean burning substitute for petroleum based diesel fuel. Biodiesel is made of vegetable oil.
To make or manufacture Biodiesel, you must first start with raw materials. The raw materials needed in the production of Biodiesel are a small amount of methanol and a ready supply of vegetable product. One of the most common vegetables used in the production of Biodiesel is corn, although depending on the geographic location of the manufacturing facility many other plants are used as well (rapeseed, soybeans, flaxseed, etc.). The first step is to use the raw vegetable product to make vegetable oil. Vegetable oil by itself will not be what you need to power a car, from here it has to be processed into Biodiesel.
The process for converting vegetable oil into Biodiesel is sometimes called ester interchange. To complete this process the vegetable oil has to be combined with a smaller amount of methanol and then put in the presence of a small quantity of an alkaline catalyst (for example, 5% to 1% sodium hydroxide). Vegetable oil is made up of so-called triglycerides, which is a compound of the trivalent alcohol glycerin with three fatty acids. The goal of ester interchange is to separate the glycerin molecule from the three fatty acids and replace it with three methanol molecules. This process then yields roughly 90% Biodiesel and 10% of a glycerin byproduct. The glycerin byproduct can be used in a number of other chemical processes for different industries.
Question:
17. What is the text about?
A. The process of making Biodiesel
B. The use of the Biodiesel.
C. The advantage of using the Biodiesel.
D. The benefit of producing the Biodiesel.
E. The development of the Biodiesel product.

18. What are interchanged in the process of ester interchange?
A. The three fatty acids with the glycerin molecules.
B. The glycerin molecule with three methanol molecules
C. Methanol with the three fatty acids.
D. Vegetable oil with methanol
E. Methanol and alkaline catalyst.

19. According to the text, one of the advantages in using biodiesel is…
A. it is cheap.
B. it only uses vegetable oil.
C. it uses replaceable materials.
D. it can be done in small industry.
E. it gives less pollution than petroleum

20. “The process for converting vegetable oil…”(Paragraph 3). The word “converting” is closest in meaning to…
A. Producing
B. Separating
C. Attaching
D. Processing
E. Changing

Begitulah contoh soal explanation dan jawabannya dengan berbagai topik gejala alam yang biasa menjadi objek teks ini. Reading comprehension itu agak sulit dipelajari dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan pembahasa grammar and structure yang masih memungkinkan dikuasai dalam waktu cepat. Memahami bacaan lebih membutuhkan kebiasaan memebaca itu sendiri agar pemahaman lebih baik dalam waktu relatif singkat.

Comments